RAKOR IT MAHKAMAH AGUNG 2021: TEKNOLOGI INFORMASI UJUNG TOMBAK MA-RI DALAM MEMANTAPKAN PELAYANAN HUKUM DI MASA PANDEMI

Jakarta ,   27/12/2021

Semakin memantapkan kemandirian badan peradilan melalui pelayanan hukum berbasis teknologi informasi pada masa pandemi, Mahkamah Agung RI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknologi Informasi Tahun Anggaran 2021 yang bertempat di Hotel Aryaduta Jakarta Pusat. Acara ini diikuti oleh perwakilan pejabat maupun pegawai di bidang teknologi informasi dari satuan kerja seluruh Indonesia. Kegiatan ini juga dapat diikuti secara online melalui aplikasi zoom bagi satuan kerja yang tidak bisa hadir secara langsung.

Dalam kegiatan tersebut, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya diwakili oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Ari Susanti, S.E., M.A. dan 1 (satu) orang Pranata Komputer. Acara dibuka langsung oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI YM. Dr. H. Hasbi, S.H., M.H. dengan didampingi oleh Kepala Biro Hukum dan Humas Dr. H. Sobandi, S.H., M.H., Kepala Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Sahwan, S.H., M.H. dan Kepala Biro Perlengkapan Rosfiana, S.H., M.H. pada pukul 09.00 WIB. “Harapan saya dengan terselenggaranya kegiatan ini, kedepannya bidang teknologi informasi tidak hanya menjadi supporting unit, tetapi dapat menjadi backbone bagi Mahkamah Agung RI dalam memantapkan kemandirian badan peradilan melalui pelayanan hukum berbasis teknologi informasi, termasuk dengan pengembangan inovasi-inovasi terkini” ujar Sekretaris Mahkamah Agung RI.

Sesi pertama diisi oleh narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yaitu Teguh Arifiyadi, S.H., M.H. yang memaparkan materi Digital Forensik. Sesi kedua dilanjutkan oleh narasumber Teguh Purnomo, S.T. yang memaparkan materi terkait Layanan Infrastruktur di Era Pandemi. Sesi terakhir, diisi oleh pemateri dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yaitu Yoyok Darmanto yang menyampaikan materi Security Awareness dan Diseminasi Informasi Web Defacement di Lingkungan Mahkamah Agung RI.

Peserta sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara dan berharap kegiatan seperti dapat terselenggara rutin. Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman terhadap teknologi informasi. Sesi tanya jawab berikut solusi atas permasalahan yang diberikan di setiap materi turut menambah wawasan dan pemahaman terhadap teknologi informasi yang terjadi di masing-masing satuan kerja. Kepala Biro Hukum dan Humas menutup acara tepat pukul 17.30 WIB. Beliau berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat kepada seluruh satuan kerja untuk semakin meningkatkan  performa di bidang teknologi informasi. Acarapun diakhiri dengan sesi foto bersama.

“Mahkamah Agung Solid, Mahkamah Agung Modern, Mahkamah Agung Jaya!”






PEDOMAN GUGATAN
SYARAT GUGATAN

Persyaratan pengajuan gugatan, dalam rangka tertib administrasi dan tertib pelaksanaan Persidangan pada Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya dapat di akses disini

CONTOH SURAT GUGATAN

Untuk memudahkan masyarakat untuk mengajukan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara, maka Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya menyediakan format / contoh - contoh Surat Kuasa, surat Gugatan dan Surat Jawaban.




TELEVISI PTUN SURABAYA



STATISTIK PENGUNJUNG

HASIL SURVEI



FLAG COUNTER
Flag Counter



LOKASI PTUN SURABAYA